Pengertian Production String

kali ini, gw coba melakukan pekerjaan yg ada hubungannya ama perminyakan. Ketemu sama istilah di bahsa inggris, yg di translate pake mbah google, kok artinya gak ngerti juga.

gak nyambung ama scopenya, jadi cari2 ke sana kemari, ketemulah sedikit gambar terang, hehehe…

istilah yg gw cari itu Production String, istilah ni ada hubungannya sama bor – boran perminyak minyakan lah. Meskipun gitu tetep aja gw gk bgitu ngerti maksudnya dari Production String ini apa. Tapi ya at least I try lah,,,

Jadi, beginilah, Production String itu adalah
a. ppdm.org
1) Sekumpulan peralatan termasuk tabung tabung(tubulars) dan pembungkus (packers) yang mengalirkan secara langsung fluida dari 1 atau lebih zona complection ke permukaan.
Untuk keperluan isolasi masing – masing reservoir dalam pengaturan tekanan, mungkin terdapat lebih dari 1 production string dari sebuah bor sumur minyak
2) Tabung – tabung production string menyediakan sebuah pipa dari permukaan ke satu atau lebih sumur completion. Production string bisa menghasilkan perubahan fluida antara well completion dengan wellhead. Konfigurasi fisik production string bisa berubah2 sepanjang waktu, dan masing-masing well completion yang terhubung pun akibatnya bisa berubah, sebagai akibat dari cementing atau reworks.
sebuah sumur(well) mungkin memiliki lebih dari 1 production string untuk keperluan isolasi masing-masing reservoir untuk kepentingan pengaturan tekanan

b. wipertrip.com
production string adalah sebuah rangkaian yang dipasang(instal) untuk memisahkan zona produktif dengan formasi reservoir lain, dengan tujuan untuk testing.
Si rangkaian dimana si sumur akan diselesaikan, diproduksi, dan dikontrol.
menggunakan atau tidak menggunakan packer atau tabung aliran dan didalamnya mengalir produk
Untuk beberapa kasus, production casing berguna untuk mengisolasi interval productive, memfasilitasi kontrol reservoir yang benar dan menghindari influx dari fluida yg tidak diinginkan
Di beberapa kondisi, sumur bisa terdapat sebuah open-hole completion di bawah production string.
Bungkus dari production string bisa dipakai sebagai pipa untuk memaksimalkan deliverability dari sumur, meminimalisir hilangnya tekanan selama frac job, menginjeksi inhibitor atau me-lift gas.
Ingat bahwa operasi produksi akan mempengaruhi pembungkus(casing) produksi dan mengakibatkan tekanan thermal tambahan
Muatan produksi cukup berbeda dengan muatan yang ada pada fase drilling.
Perlakuan khusus harus dilakukan dalam pemilihan jenis baja dan sambungannya.
pertimbangan khusus diperlukan ketika mengebor dibawah production casing karena mungkin mengakibatkan beberapa kerusakan seperti barefoot completion, open-hole gravel packs, liner completion, dan deep-zone appraisal.
Dalam line completion, baik si liner atau casingnya membentuk production string dan harus didesain secara tepat.
Kualitas pekerjaan semen utama adalah yang paling penting dari pembungkusan production(production casing). terutama ketika isolasi zonal adalah kritikal. Direkomendasikan pembungkusan produksi di rotasi dan atau di reprokasi selama penyemenan. Hal ini mengakibatkan tambahan desain kebutuhan.

c. welltec.com
Rangkaian pada sumur produksi dimana minyak atau gas mengalir dari subsoil(bawah tanah) untuk mencapai platform produksi

d. schlumberger
Pipa utama penghubung dimana fluida reservoir diproduksi ke permukaan. Production string biasanya disusun dari tabung tabung dan komponen completion dalam konfigurasi sesuai dengan kondisi sumur bor dan metode produksi. Sebuah fungsi penting production string adalah melindungi pipa sumur bor utama, termasuk casing dan liner, dari korosi atau erosi dari cairan reservoir

 

demikian usaha gw menterjemahkan istilah Production String dari pelbagai sumbel…
Semoga bermanfaat, kalo gak manfaat, ya nggak apa apa juga sih, namanya juga usahe mpok😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s