ini nih yg namanya keratif.. hahahaha, kreatif

Sungguhkah ini cinta???

Seandainya ” Term ” itu adalah cinta, maka hanya nama mulah yang terkandung pada semua kata, kalimat2 dan paragraf2 pada semua dokumen yang ada pada ruang hatiku dan tidak akan pernah ada istilah whatEverName,anyThingName, dan anyKindOfName.

Seandainya ” Query ” itu adalah cinta, maka cukup namamu saja yang ku jadikan sebagai key word.

Seandainya ” Lowercase ” itu adalah cinta, maka takkan pernah kubiarkan hal itu terjadi, karena aku akan mengukir nama mu dengan huruf kapital, dan nama mu lah satu2 nya yang menempati space terbesar di hati & memori ku.

Seandainya ” Stopword Removal & word token ” itu adalah cinta, maka jika muncul pesan “document_stopword & token 1.0-stopword&token found:remove it?(Y/N)” maka aku akan pilih Y utk menghapus semua hal2 yang negatif sehingga proses searching & term weighting mudah dilakukan.

Seandainya ” stemming ” itu adalah cinta, maka aku akan bilang “aku cinta kamu”, sehingga tdk perlu dilakukan stemming krn aku tlh menunjukkan kemurnian cinta.

Seandainya ” Term weighting ” itu adalah cinta,maka aku berharap kamu mempunyai nilai maksimum dari range yg ada.

Seandainya ” Searching ” itu adalah cinta, maka aku berharap jgn pernah ada kata “Search is complete, there is no result to display”, Karna kemanakah kamu akan ku cari, sedangkan seluruh dunia sdh ku jelajahi.

Seandainya ” Relevance Feedback ” itu adalah cinta, maka aku akan selalu memberikan feedback yang membangun, sehingga kita semakin relevan untuk mencapai kesempurnaan, karena pd cinta ada proses pembelajaran.

Seandainya ” Ide Dec Hi Method ” itu adalah cinta, maka aku akan menggunakan sebuah sifat positif yang dominan pada diriku pada ranking teratas sebagai feedback , hal ini ku maksudkan untuk mengurangi kontribusi sifat2 negatif yang ada dalam dirimu.

Seandainya ” TF(Term Frequence) ” itu adalah cinta, maka weighting yang kulakukan cukup hanya dengan memperhatikan frekuensi kemunculan sifat2 fositif mu saja.

Seandainya ” TFIDF(Term Frequence.Inverse document Frequence) ” itu adalah cinta, maka aku akan melihat sifat2 fositif yg kamu lakukan tidak hanya kepadaku, tp aku juga pada org lain dan bagaimana kamu bersikap dlm mengahadapi segala hal.

Seandainya ” Precision&Recall ” itu adalah cinta, maka semua yg masuk dalam daftar hitungan ku akan kubandingkan dengan seluruh daftar yang ada di dunia ini, Dan aku melihat nilai precision&recall yang kamu tunjukkan terkadang 87%, 89%, 92%, 81% atau bahkan lebih rendah tp hal itu tidak akan membuat hati ku ragu kepadamu sedikitpun.

Seandainya ” IAP(Interpolated Average Precision) ” itu adalah cinta, maka aku akan mempertimpangkan mu dengan aspek karakter yaitu dengan meng-interpolasi attitude dan emotion management, kemudian aku akan me-record semua karakter yg ada padamu dengan nilai [0.0, 0.1, 0.2, …, 0.9, 0.10]. Tp, berapapun nilai yang ditunjukkan, aku akan menerimamu apa adanya.

Seandainya ” Similarity ” itu adalah cinta,Hmmmnnn…itu mungkin saja… dmn nilai similarity # 1 karena cinta terdiri dr persamaan dan perbedaan.

seandainya ” IRS(Information Retrieval System) ” itu adalah cinta, maka akan kulakukan searching pada semua informasi pada seluruh dokumen yang ada, sehingga hanya kamu lah satu2 nya yang di-retrieve dan kamulah satu2 nya yang sangat sangat relevan bagi ku, dengan nilai precision, recall 100 % dan similarity = 1, Yah…Aku akan menyatakan sesungguhnya bahwa cintaku tulus 100 % pada mu, dan berharap kita menjadi 1.

Seandainya “Daftar Pustaka” itu adalah cinta, Hmmmmnn….Ga mau ah..Pasti “Tugas Akhir ku bakalan ga selesai, karna ku yakin kamu pasti tidak bisa menyediakan semua informasi yg ku butuhin dan Sidang ku jg pasti bakal ga lulus, karna syarat utk daftar pustaka ga bisa hanya 1…Maaf ya, dlm hal ini aku ga bs bilang hanya kamu satu2 nya, karna aku butuh yang lain utk menyempurnakan hatiku. Dan pleaseee, jgn bilang aku pemain cinta, karena aku tdk punya pilihan selain itu.

Hahahahaaaa…..

Sumber: Sitorus Melva. 2008. Relevance Feedback Analysis & Implementation in Information Retrieval by Using Ide Dec Hi Method. IT TELKOM. Bandung.

Leave a Reply

