kemajuan teknologi dan gamelan

skarang teknologi udah maju
kalo ada hajatan dengan adat sunda atau jawa atau manapun, yg punya hajat g perlu repot2 nyiapin tempat buat para pemain gamelan pleus alat2nya yg banyak dan gede gede…

teknologi udah maju
tinggal pake cd isi lagu2 daerah, atau lagu2 adat gituh…
trus pasang cd player atau dvd vcd atau apalah semacamnya, colokin ke ampli, pasang speaker, jadi deh lagu lagu keraton terdengar d telinga…

g perlu repot en membutuhkan ruang besar dan biaya yg lbih banyak(orangnya cuma 1, yaitu yg ngatur suara sama lagu doang, cd tinggal pinjem atau beli d pasar juga banyak)
bandingin klo pake sperangkat gamelan, yg hrus d pikirin :
1. nyari grup gamelannya tsb
2. ngangkut perangkat2 gamelan k tmpat hajatan(plus mulanginnya pula)
3. ngangkut para pemainnya jg(plus mulanginnya pula)
4. nyediain tempat yg luas
5. pleus konsumsi buat para pemainnya yg akeh(banyak) atau loba
6. udah sih gitu ajah

PRAKTIS KAN??? TAPIII…

gimana nasib para pemain gameln tsb dgn adanya teknologi canggih berbentuk CD tsb??
kemana mereka nyari makan lagi??
gimana kita bisa ngliat permainan alunan lagu merdu dari perpaduan harmonis kenong, bonang, gong de el el klo keberadaannya bisa diwakilkan dengan sekeping CD??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s